Cara Mengolah Temulawak Untuk Pengobatan Penyakit Liver Kronis

Temulawak dengan nama latin Curcuma Xanthorrhiza ini adalah salah satu rempah asli Indonesia yang banyak ditemui dan dimanfaatkan khasiatnya untuk menyehatkan tubuh secara menyeluruh, termasuk sebagai obat penyakit liver kronis dan akut.

Namun tak sedikit dari penderita penyakit liver yang ragu untuk mengolah ramuan liver dari temulawak karena takut malah menghilangkan khasiat dari rempahnya karena salah pengolahan.

Tidak perlu khawatir, di halaman ini Anda akan mengetahui cara mengolah temulawak untuk pengobatan penyakit liver kronis atau akut dengan benar .

Cara Mengolah Temulawak Untuk Liver Kronis

Cara Mengolah Temulawak Untuk Pengobatan Penyakit Liver Kronis atau Akut Dengan Benar

Telah menjadi rahasia umum jika rempah di Indonesia memiliki banyak manfaat untuk manusia, baik sebagai pelengkap masakan maupun untuk kesehatan.

Salah satu di antara banyaknya rempah asli Indonesia yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama untuk pengobatan penyakit liver adalah temulawak.

Temulawak yang disebut koneng gede dalam bahasa sunda, atau temu labak untuk sebutan masyarakat madura ini memang memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk keseluruhan anggota tubuh, terutama liver.

Beberapa kandungan nutrisi dan zat gizi dalam temulawak, di antaranya meliputi:

 √ Turmerol
 √ Xanthorizzol
 √ Kamfer
 √ Seskuiterpen
 √ Mycrene
 √ Glukusida
 √ Karbinol
 √ Foluymetik
 √ Kurkumin
 √ Felandrean
 √ Desmetoksikurkunin

Dengan banyaknya kandungan zat aktif tersebut tak diragukan lagi jika temulawak bisa dijadikan sebagai obat herbal liver kronis yang dapat dikatakan murah meriah namun khasiatnya benar-benar terbukti dan tidak murahan.

Khasiat Temulawak untuk Organ Hati/Liver

  • Menjaga kesehatan liver
  • Membersihkan liver dari zat racun atau bahan kimia yang terdapat dalam hati
  • Membantu meningkatkan kinerja dan memperbaiki fungsi liver
  • Membantu memperlambat dan menghentikan perkembangan penyakit hepatitis
  • Memengaruhi sistem metabolisme lemak atau lipid

Selain dapat mengatasi penyakit hati (liver), temulawak juga dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit lain seperti halnya gangguan pencernaan yang meliputi gangguan kantong empedu, sindrom iritasi usus besar, serta dapat meningkatkan nafsu makan.

Khasiat dan manfaat temulawak sebagai obat liver kronis juga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Karena terdapat berbagai penelitian yang menyebutkan bahwa temulawak memang memiliki manfaat dalam membantu penyembuhan penyakit liver, meskipun tidak semua penyakit liver dapat diobati (seperti hepatitis contohnya).

Atas dasar itulah mengapa temulawak sangat baik dikonsumsi penderita gejala penyakit liver kronis sebagai pengobatan alternatif, terlebih di sebagian wilayah temulawak ini sangat mudah ditemukan.

Namun Anda juga jangan berlebihan mengonsumsi temulawak mentang-mentang murah dan berkhasiat, karena mengonsumsi temulawak dalam jangka panjang dapat menyebabkan efek samping seperti halnya mual dan iritasi lambung.

Terlebih jika Anda wanita hamil dan menyusui, tidak dianjurkan mengonsumsi temulawak karena dikhawatirkan dapat mengganggu janin dalam kandungan maupun bayi yang sudah lahir.

Cara Mengolah Temulawak Untuk Pengobatan Penyakit Liver Kronis

Dan berikut ini adalah cara mengolah temulawak untuk pengobatan penyakit liver kronis dengan baik dan benar:

 ⇔ Bahan-bahan yang harus disiapkan: 3 ruas jari temulawak, 2 ruas jari kunyit, 6 lembar daun sirih segar, perasan jeruk nipis, gula batu secukupnya, air.

 ⇔ Cara mengolah:

  • Rebus air yang sudah disiapkan hingga mendidih
  • Lalu masukkan semua bahan dan aduh hingga rata
  • Tunggu hingga air berkurang setengahnya
  • Setelah air berkurang, saring lalu dinginkan
  • Minum air rebusan temulawak dan teman-tamannya tersebut sebanyak 1 gelas sekali minumnya
  • Lakukan hal ini minimal 2x sehari setiap pagi dan sore hingga penyakit Anda sembuh total

Disamping melakukan pengobatan tradisional liver kronis menggunakan temulawak, Anda juga dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari bahaya penyakit liver, seperti dengan:

  1. Menghindari minuman beralkohol
  2. Jika berat badan berlebih, turunkan.
  3. Olahraga teratur
  4. Istirahat cukup 7-8 jam sehari
  5. Pola makan sehat, tinggi kalori dan protein, serta hindari makanan berlemak dan tinggi garam

Demikianlah cara mengolah temulawak sebagai obat liver kronis yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah guna mendapatkan khasiat dan manfaat dari temulawak.

Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang khasiat dan tanaman rempah asli Indonesia bernama temulawak ini. Selamat mencoba dan lekas diberikan kesembuhan, Aamiin.

Ingat! Selalu konsultasikan pengobatan alternatif yang Anda lakukan ke dokter Anda terlebih dahulu agar terhindari dari efek samping serta bahaya penggunaan obat tersebut.

Sumber materi : alodokter.com, lifestyle.kompas.com , halosehat.com , spesialishati.com

Posted by : Cara Mengolah Temulawak Untuk Pengobatan Penyakit Liver Kronis

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*