Gejala Penyebab dan Cara Pencegahan Sirosis Hati

Yuk Kenali Gejala Penyebab dan Cara Pencegahan Sirosis Hati/Liver Seawal Mungkin!

Gejala Penyebab dan Cara Pencegan Sirosis Hati – Sirosis hati atau liver merupakan sebuah penyakit yang membutuhkan jangka waktu panjang dan biasanya baru disadari setelah penyakit memasuki tahap yang cukup parah (kronis), dan bahkan mengancam nyawa penderitanya.

Gejala Penyebab dan Cara Pencegahan Sirosis Hati

Jelas saja hal ini terjadi, karena sirosis liver atau hati pada tahap awal hanya memunculkan sedikit gejala.

Sehingga tak sedikit dari penderitanya yang tidak menyadari bahwa di dalam tubuhnya sedang berkembang penyakit jangka panjang yang mematikan seperti sirosis.

Tetapi umumnya, jika fungsi hati sudah berkurang secara signifikan akan memunculkan gejala-gejala seperti:

  • Demam dan menggigil
  • Kehilangan selera makan
  • Keletihan, kurang energi dan mudah mengantuk
  • Kulit dan putih mata berwarna kuning
  • Kulit mengalami gatal-gatal
  • Mual dan muntah, bahkan ada yang mengalami muntah darah
  • Pembengkakan pada pergelangan kaki dan perut (edema)
  • Penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba
  • Perubahan warna pada urin dan tinja (kadang disertai darah)
  • Sesak napas

Jika Anda atau ada salah satu dari kerabat Anda yang pernah atau sering mengalami kondisi-kondisi yang disebutkan di atas, baiknya segera dilakukan pemeriksaan ke dokter untuk menghindari hal-hal lain yang tidak diinginkan yang justru memperparah kondisi kesehatan Anda.

Terlebih jika Anda mengalami kondisi di mana limpa membesar, rambut rontok, pertumbuhan payudara pada pria, mudah memar dan mudah berdarah, mengalami gangguan mental berupa kebingungan, koma, serta perut bengkak

Lantas, mengapa sirosis hati bisa terjadi?

Umumnya sirosis seringkali terjadi pada orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol, makanan laut mentah dan pemakaian obat secara berlebih.

Selain itu, beberapa penyebab lain dari penyakit sirois hati seperti akibat pembesaran hati, infeksi virus kronis hepatitis A dan C, kelainan genetik pencernaan, penyakit turunan seperti hemochromatosis dan cystic fibrosis, perlemakan hati non-alkohol, juga turut menjadi pemicu seseorang mengalami sirosis.

Penderita diabetes atau obesitas, serta lemah darah tinggi dalam darah, juga ikut memiliki risiko tinggi terkena sirosis hati.

Nah, mengingat bahayanya sirosis hati jika tidak segera ditangani lebih baik saat ini Anda mencegah terjadinya sirosis sebelum penyakit jangka panjang yang mematikan tersebut menghinggapi tubuh Anda.

Cara Pencegahan Sirosis Hati/Liver Di Rumah

Jika Anda memiliki kebiasaan meminum-minuman keras atau beralkohol, mulai dari sekarang baiknya batasi diri dalam mengonsumsi minuman beralkohol jika tidak ingin sirosis menghinggapi tubuh Anda di kemudian hari.

Gejala Penyebab dan Cara Pencegahan Sirosis HatiMemastikan kebersihan makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi juga menjadi langkah tepat sebagai pencegahan sirosis, karena apa? sirosis bisa disebabkan oleh penyakit hepatitis A yang ditularkan melalui makanan dan minuman.

Selain hepatitis A, sirosis juga bisa terjadi karena virus hepatitis B dan C yang biasanya menular melalui hubungan seks yang tidak aman atau berbagi jarum suntik di antara sesama pengguna narkotika suntik.

Agar tidak terjangkit hepatitis B dan C baiknya Anda menggunakan kondom saat berhubungan sek atau tidak berbagi jarum suntik.

Anda juga bisa mendatangi pusat kesehatan terdekat untuk melakukan vaksin guna mencegah terkena penyakit hepatitis B. Namun sampai saat ini belum tersdia vaksin untuk mencegah hepatitis C.

Lantas, bagaimana dengan Anda yang sudah terlanjur didiagnosa mengalami sirosis liver atau hati?

Jangan berputus asa, masih ada jalan bagi Anda untuk mendapatkan kesembuhan.

Meskipun kecil kemungkinannya untuk bisa mendapatkan kesembuhan secara total, yang terpenting Anda sudah berusaha dan memiliki tekad ingin sembuh dan yakin bisa sembuh meskipun sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan sirosis hati.

Tetapi, ada pengobatan yang dapat meringankan gejala dan mencegah serta memperlambat perkembangan komplikasi sirosis, salah satunya dengan mengkonsumsi secara rutin obat herbal sirosis hati Gamat Emas Kapsul ( WGU-KP ).

Mungkin hanya itu yang dapat admin bagikan, semoga informasi mengenai gejala, penyebab dan cara pencegahan sirosis hati yang admin bagikan ini bisa menjadi pengetahuan penting sehingga Anda lebih berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan sebagai wujud syukur terhadap yang menciptakan.

Demikianlah yang dapat admin sampaikan, sampai jumpa di artikel berikutnya..

Posted by : Gejala Penyebab dan Cara Pencegahan Sirosis Hati on obat kanker hati

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*