Kulit dan Bagian Putih Mata Menguning? Ini Penyebabnya

Kulit dan Bagian Putih Mata Menguning? Ini Penyebabnya

Kulit dan bagian putih mata menguning? Ini penyebabnya – Secara umum perubahan warna pada bagian putih mata bisa menunjukkan beberapa kondisi dari penyakit tertentu.

Tetapi jika tidak disertai dengan beberapa gejala lainnya, maka kemungkinan tidak ada masalah kesehatan lain yang perlu diperhatikan.

Gejala yang harus terus diperhatikan seperti ketika terjadi perubahan warna putih mata yang diikuti dengan adanya perubahan warna kulit dan kuku.

Kulit dan Bagian Putih Mata Menguning? Ini Penyebabnya

Kulit dan bagian putih mata kuning biasanya merupakan suatu gejala dari beberapa penyakit yang diakibatkan oleh penumpukkan bilirubin dalam darah, seperti disfungsi hati, pankreas, kantung empedu, hepatitis atau bahkan kanker hati.

Namun kulit dan putih mata menguning ini sering terjadi pada bayi baru lahir. Kondisi ini umumnya tidak membahayakan dan dapat pulih dengan sendirinya dalam beberapa hari hingga minggu.

Meski begitu, jika Anda atau bayi Anda mengalami kondisi ini jangan ragu untuk memeriksakannya ke dokter karena bisa saja membahayakan Anda dan atau bayi Anda. Karena kulit dan mata kuning juga merupakan tanda awal terjadinya kanker hati.

Selain kanker hati, ini beberapa penyebab yang mungkin memiliki gejala kulit dan bagian putih mata menguning.

Kulit dan Bagian Putih Mata Menguning? Ini Penyebabnya

  • Hepatitis

Selain gejala dari kanker hati, kulit dan bagian putih mata kuning juga bisa merupakan salah satu gejala akibat adanya penyakit hepatitis.

Hepatitis merupakan sebuah penyakit di mana terjadinya peradangan dan pembengkakan pada organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus dan kekebalan tubuh yang rendah, mengalami kerusakan karena obat, racun, atau alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan.

Selain merubah kulit dan putih mata menjadi warna kuning, hepatitis juga memiliki gejala seperti tinja berwarna pucat, dan air seni gelap, berat badan turun drastis, merasa lelah, dan muncul berbagai gejala seperti flu.

  • Penyumbatan saluran empedu akibat adanya batu empedu

Tahukah Anda? Jika hati memproduksi empedu yang dikumpulkan dalam kantong empedu dan dialirkan melalui saluran empedu.

Kantong empedu bertanggung jawab dalam melepaskan empedu guna membantu tubuh mencerna lemak. Seseorang bisa mengalami penyakit kuning jika saluran empedu tersebut, sumbatan tersebut bisa disebabkan oleh batu empedu.

Akibat sumbatan oleh batu empedu tersebut menyebabkan Anda merasakan nyeri perut kanan atas dan kram.

  • Sirosis hati

Kulit menguning merupakan salah satu gejala lanjutan yang terjadi akibat penyakit kuning dan sirosis hati.

Pada umumnya sirosis hati disebabkan oleh penyalahgunaan minuman keras dalam jangka panjang, hepatitis B dan C, hancurnya saluran empedu, hati berlemak, infeksi parasit, kanker hati, dan lainnya.

Tetapi bedanya, sirosis hati ini hanya merubah warna kulit menjadi lebih kuning saja, tetapi putih mata berubah menjadi lebih putih.

  • Kanker pankreas

Saluran pankreas dan saluran empedu bersatu mengalir ke usus kecil. Jika saluran pankreas terhambat, maka empedu mungkin tidak dialirkan dengan baik dan terjadilah penyakit kuning.

  • Kelainan darah

Warna putih mata menjadi kuning juga mungkin bisa disebabkan oleh adanya kelainan sel-sel darah merah, sehingga mudah memecahkan diri.

Kelainan darah yang dapat membuat mata kuning termasuk anemia hemolitik yang terjadi akibat obat, reaksi akibat ketidakcocokan transfusi darah, serta anemia sel sabit.

Bentuk sel-sel darah yang tidak normal dan mudah pecah ini, menyebabkan bilirubin bertumpuk dalam aliran darah sehingga menyebabkan mata kuning.

Demikian sedikit informasi mengenai penyebab kulit dan mata menjadi kuning.

Di samping akibat adanya suatu penyakit, mata kuning juga bisa terjadi akibat efek samping konsumsi obat seperti obat untuk mengobati angina dan tekanan darah tinggi ),obat untuk mengobati TB , obat untuk meringankan gejala rematik, obat untuk pengobatan HIV, obat untuk mengobati jerwat nodular pada darah, dan lain sebagainya.

Terimakasih telah bersedia menyimak artikel sederhana kami sampai habis, semoga bermanfaat dan menjawab rasa penasaran Anda perihal penyebab kulit dan mata kuning, baik itu pada bayi atau orang dewasa.

Sampai jumpa di artikel berikutnya …

Rekomendasi Pengobatan :

Kulit dan Bagian Putih Mata Menguning? Ini Penyebabnya

Posted by : Kulit dan Bagian Putih Mata Menguning? Ini Penyebabnya on OBAT KANKER HATI ALAMI

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Efektif Mengatasi Sirosis Liver Hingga Tuntas dan Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*