Penyebab Air Kencing Berwarna Gelap

Penyebab Air Kencing Berwana Gelap

Penyebab Air Kencing Berwarna Gelap

Penyebab air kencing berwarna gelap – Normalnya, air kencing atau urine adalah berwarna kekuningan dan jernih. Tetapi tak sedikit pula orang yang memiliki warna air kencing yang sedikit berwarna tua, pekat atau mungkin gelap.

Apakah hal ini normal?

Begini, seperti di kutip dari doktersehat.com menurut dr Ayodia Soebadhi, SpU dari RSUD Dr Soetomo, warna urine atau air kencing yang normal umumnya bervariasi pada setiap orang.

Tetapi pada umumnya urine berwarna jernih atau kekuningan. Hal ini karena urine dibuat dari penyaringan darah yang kemudian dilakukan penambahan, pengurangan, serta penukaran oleh sistem ginjal.

Tetapi jika tiba-tiba urine yang Anda keluarkan berwarna keruh atau gelap, Anda harus mewaspadainya!

Karena kemungkinan ada masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh Anda, sehingga menyebabkan urine berwarna gelap atau keruh.

Mengapa kondisi ini bisa terjadi?

Begini, sebenarnya warna air seni atau urine yang dikeluarkan setiap hari tak selalu sama. Keruh atau beningnya tergantung dari jumlah cairan yang Anda konsumsi.

Beberapa jenis makanan dan obat-obatan juga turut menyebabkan perubahan warna pada air kencing, misalnya seperti buah naga merah yang bisa membuat warna air kencing menjadi merah muda, dan adakalanya menjadi hitam.

Di samping karena faktor makanan dan obat-obatan, air kencing berwarna keruh atau gelap juga bisa menandakan adanya masalah atau penyakit pada tubuh Anda. Beberapa di antaranya seperti :

  • Infeksi saluran kemih
  • Gejala penyakit ginjal
  • Gejala penyakit hepatitis
  • Cedera pada organ saluran kemih, sehingga urine bercampur darah
  • Dehidrasi ( kekurangan cairan, sehingga urine berwarna coklat gelap, pekat kehitaman )
  • Otot-otot yang mengalami cedera saat olahraga berlebihan

Dan berikut ini beberapa jenis penyakit yang bisa dilihat dari warna urin, seperti dikutip dari style.tribunews.com yang melansir dari Brightside.me :

1. Hitam dan pekat

Memang ada banyak hal yang dapat menyebabkan urine berubah warna menjadi hitam dan pekat, tetapi penyakit batu ginjal dan masalah darah seperti sindroma hemolitik-uremik, diketahui sebagai penyebab hitamnya urine yang Anda keluarkan saat berkemih.

2. Cokelat

Sedangkan jika warna urine yang keluar berwarna coklat, itu pertanda jika Anda mengalami dehidrasi.

Tetapi jika warna urine tersebut tak juga hilang setelah Anda banyak minum air putih, baiknya Anda langsung memeriksakan kondisi tersebut ke dokter.

Karena ini bisa menjadi pertanda bahwa adanya masalah pada organ hati dan ginjal.

3. Pink dan kemerahan

Jika Anda baru saja mengonsumsi buah-buahan berwarna ungu pekat seperti bit, dan blueberry, kemungkinan ini adalah warna alami buah yang terbuang.

Tetapi jika Anda tidak makan buah-buahan tersebut, tetapi warna air kencing tetap pink kemerahan, mungkin Anda mengalami pendarahan pada saluran kencing.

Selain itu, warna pink kemerahan pada urine juga bisa menandakan masalah tumir, ginjal, infeksi kandung kencing, prostat, dan masalah lainnya.

4. Orange

Jika warna urine Anda orange juga baiknya tidak membiarkannya, segera hubungi dokter karena ini bisa menjadi pertanda dari masalah hati atau empedu.

Di samping melakukan pemeriksaan ke dokter, Anda juga bisa melakukan beberapa tips di bawah ini untuk terhindar dari berbagai masalah yang berhubungan dengan urin. Di antaranya seperti:

  • Perbanyak minum air putih
  • Istirahat yang cukup
  • Hindari menahan kencing
  • Olaraga teratur, tetapi tidak berlebihan

Posted by : Penyebab Air Kencing Berwarna Gelap

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*