Penyebab Kanker Hati Pada Anak Balita dan Dewasa

Inilah 11 Penyebab Kanker Hati Pada Anak Balita dan Dewasa yang Harus Diwaspadai!

Penyebab kanker hati pada anak balita dan dewasa – Sebenarnya, apa yang menjadi penyebab pasti terjadinya kanker hati belum sepenuhnya diketahui. Tetapi para ahli mencurigai, ada beberapa faktor yang erat kaitannya dengan perkembangan kanker hati sehingga seseorang rentan mengalami kanker hati.

Salah satunya adalah karena adanya infeksi kronis dari virus hepatitis B dan C.

Penyebab Kanker Hati Pada Anak Balita dan Dewasa

Beberapa faktor lain yang menyebabkan berkembangnya sel kanker hati pada anak balita dan orang dewasa, di antaranya meliputi :

  • Riwayat keluarga

Sebuah studi di Amerika menemukan, bahwa orang yang memiliki keluarga ( orang tua, saudara/i ) yang sebelumnya pernah terdiagnosa kanker hati memiliki dua kali lipat risiko mengembangkan kanker hati.

Sedangkan studi lain menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan risiko penyebab kanker hati yang terjadi pada orang dengan ayah dan saudara yang didiagnosis kanker prostat.

  • Kebiasaan minum alkohol

Minum alkohol berlebihan seperti lima gelas alkohol sehari semakin meningkatkan risiko seseorang terkena kanker hati.

Karena meminum alkohol di atas dosis yang dianjurkan pemerintah dalam jangka waktu panjang bisa memicu sirosis dan langsung merusak DNA dalam sel-sel hati, sehingga kanker hati tak dapat dihindari.

  • Kebiasaan merokok

Merokok juga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker hati. Bahkan para perokok yang pernah menderita infeksi virus hepatitis C atau B dapat meningkatkan risiko kanker lebih tinggi.

Perokok yang minum alkohol dalam jumlah yang banyak, memungkinkan 10x risiko kanker lebih tinggi dibanding orang yang tidak merokok atau minum alkohol.

  • Berat badan berlebih / obesitas

Obesitas atau kegemukan semakin memperbesar risiko Anda mengembangkan kanker hati. Ini mungkin terjadi karena obesitas dapat mengarah pada penyakit hati berlemak serta sirosis hati yang juga menjadi faktor penyebab kemunculan kanker hati.

  • Jenis kelamin

Kanker hati seperti karsinoma hepatoseluler umumnya lebih umum diderita pria dibanding wanita. Ini mungkin karena gaya hidup pria yang tidak sehat, seperti kecenderungan terhadap alkohol dan merokok, sehingga memengaruhi sejumlah faktor yang memicu terjadinya perkembangan kanker hati.

Terjadi karena sejumlah penyakit lain, seperti :

  • Sirosis hati

Seperti yang telah disinggung pada informasi di atas tadi bahwa penyalahgunaan alkohol dapat memicu sirosis hati yang merupakan salah satu faktor pemicu kanker hati. Selain karena alkohol, sirosis hati juga terjadi karena adanya infeksi HBV atau HVC kronis.

Sirosis hati merupakan sebuah kondisi di mana sel-sel hati menjadi rusak sehingga digantikan oleh jaringan parut.

  • Diabetes tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 juga erat kaitannya dengan peningkatan risiko kanker hati.

Biasanya pada penderita yang juga memiliki faktor risiko lain, seperti pecandu alkohol dan atau infeksi virus hepatitis kronis risiko ini dapat meningkat.

Karena apa? para penderita diabetes tipe 2 cenderung mengalami kegemukan, sehingga bisa mengakibatkan masalah di hati/liver.

  • Berbagai penyakit langka

Berbagai penyakit langka juga dicurigai dapat menjadi penyebab terjadinya kanker hati, beberapa di antaranya seperti penyakit penyimpanan glikogen, penyakit wilson, porphyria cutanea tarda, tirosinemia, dan defisiensi alpha 1-antitripsin.

  • Sirosis bilier primer

Beberapa jenis penyakit autoimun seperti primary biliary cirrhosis (PBC) juga dapat memengaruhi hati.

Pada penderita PBC, saluran empedu di hati mengalami kerusakan dan bahkan hancur sehingga memicu sirosis. Penderita penyakit PBC lanjut juga memiliki risiko besar menderita kanker hati.

  • Penyakit hati berlemak non-alkohol
  • Penyakit metabolik bawaan

Jika Anda memiliki beberapa atau salah satu faktor yang dapat memicu meningkatnya risiko terkena kanker hati seperti yang telah disebutkan di atas tadi, mulai dari sekarang baiknya Anda hindari dan jaga pola hidup Anda.

Karena hal tersebut bisa membuat organ liver/hati Anda mengalami kerusakan total karena adanya sel kanker yang berkembang di dalamnya.

Untuk itu, mulai saat ini kurangi dan kalau bisa jauhi hal-hal yang dapat menyebabkan dan memicu tumbuhnya kanker dalam hati.

Baca juga : Gejala awal kanker hati yang jarang disadari

Namun ingat, bahwa memiliki satu atau beberapa faktor risiko di atas bukan berarti Anda pasti akan menderita kanker hati.

Pada beberapa orang yang mempunyai berbagai faktor risiko di atas tidak pernah mengembangkan kanker seumur hidupnya, namun ada juga yang hanya sedikit atau tidak memiliki faktor risiko justru terdiagnosis mengidap kanker hati.

Maka dari itu, daripada cemas dengan faktor-faktor penyebab kanker hati di atas, baiknya sebisa mungkin untuk mengupayakan cara mencegah kanker hati dengan menghindari hal-hal yang bisa memicunya dibarengi dengan menjalankan pola hidup sehat.

Sumber : faktakanker.com , alodokter.com

Posted by : Penyebab Kanker Hati Pada Anak Balita dan Dewasa on Obat kanker hati herbal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*